Kenikmatan Orang-orang kafir itu semu

Allah Ta’ala berfirman:

Janganlah sekali-kali kamu terperdaya oleh kebebasan orang-orang kafir bergerak di dalam negeri. Itu hanyalah kesenangan sementara, kemudian tempat tinggal mereka ialah Jahannam; dan Jahannam itu adalah tempat yang seburuk-buruknya. Akan tetapi orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya, bagi mereka surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya, sedang mereka kekal di dalamnya sebagai tempat tinggal (anugerah) dari sisi Allah. Dan apa yang di sisi Allah adalah lebih baik bagi orang-orang yang berbakti.” (QS Al-Imran:196-198)

Allah Ta’ala mengatakan: “Janganlah melihat kepada kemegahan orang-orang kafir yang diliputi kenikmatan, kegembiraan dan kesenangan, karena sebentar lagi semua itu akan segera lenyap dari mereka dan merekapun akan tergadaikan dengan berbagai perbuatan jahat mereka. Kami berikan kepada mereka kemakmuran yang sedang mereka nikmati itu hanyalah sebagai bentuk kamuflase belaka dan semua yang mereka miliki itu hanyalah kesenangan sementara, kemudian tempat tinggal mereka adalah Jahanam, dan Jahanam itu adalah tempat yang seburuk-buruknya.

Ayat ini sama dengan Firman Allah Ta’ala:

Tidak ada yang memperdebatkan tentang ayat-ayat Allah, kecuali orang-orang yang kafir. Karena itu janganlah pulang balik mereka dengan bebas dari suatu kota ke kota yang lain memperdayakan kamu“(QS: Almu’min:4)

Alah Ta’ala berfirman;

(Bagi mereka) kesenangan (sementara) di dunia, kemudian kepada Kami-lah mereka kembali, kemudian Kami rasakan kepada mereka siksa yang berat, disebabkan kekafiran mereka” (QS Yunus:70)

Allah Ta’ala juga berfirman:

Kami biarkan mereka bersenang-senang sebentar, kemudian Kami paksa mereka (masuk) ke dalam siksa yang keras” (QS Luqman:24)

Juga dalam Firman-Nya:

Karena itu beri tangguhlah orang-orang kafir itu yaitu beri tangguhlah mereka itu barang sebentar” (QS Ath-thariq:17)

Juga dalam Firman-Nya:

Maka apakah orang yang Kami janjikan kepadanya suatu janji yang baik (surga) lalu ia memperolehnya, sama dengan orang yang Kami berikan kepadanya keni’matan hidup duniawi . kemudian dia pada hari kiamat termasuk orang-orang yang diseret (ke dalam neraka)” (QS Al-Qashas:61)

Setelah memaparkan keadaan orang-orang kafir didunia dan memberitahukan bahwa tempat kembali mereka adalah neraka, Allah mengatakan sesudahnya;

Akan tetapi orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya, bagi mereka surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya, sedang mereka kekal di dalamnya sebagai tempat tinggal (anugerah) dari sisi Allah. Dan apa yang di sisi Allah adalah lebih baik bagi orang-orang yang berbakti.

Dari Abdullah bin Umar diriwayatkan, ia menjelaskan: “Allah menyebut mereka orang-orang yang berbakti, karena mereka memang telah berbakti kepada bapak-bapak dan anak-anak , sebagaimana kedua orangtua memiliki hak padanya.

Sedangkan dari Abu Darda diriwayatkan, ia berkata: “Tidak seorang berimanpun melainkan kematian lebih baik baginyam dan tidak seorang kafir pun melainkan kematian lebih baik baginya. Dan siapa yang tidak setuju padaku, maka sesungguhnya Allah Ta’ala berfirman: ‘Dan apa yang di sisi Allah adalah lebih baik bagi orang-orang yang berbakti’ dan ‘Dan janganlah sekali-kali orang-orang kafir menyangka bahwa pemberian tangguh Kami kepada mereka adalah lebih baik bagi mereka. Sesungguhnya kami memberi tangguh hanyalah supaya bertambah-tambah dosa mereka; dan bagi mereka adzab yang menghinakan‘” (HR Ibnu Jarir)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: